Sabtu, 21 November 2015

SPANDEK, Mulai Dari Jenis Sampai Saran Perawatan

SPANDEK, Mulai Dari Jenis Sampai Saran Perawatan
Oleh : Hadi Nur Pakar

Asslamualaikum para Hijabers. Semalem sehabis pulang ngaji ada yang nanyain Mimin tentang bahan spandek? "Bahan spandek itu yang kayak gimana, sih Min? Enak gak dipakainya? Saya mau beli gamis bahannya spandek korea? Itu beneran dari korea?"  Kira-kira seperti itulah pertanyaannya. Baiklah di sini Mimin akan langsung membahasnya untuk kalian.
Spandek itu sebenarnya adalah bahan kaos yang terbuat dari serat yang sangat elastis. Tidak seperti bahan kaos pada umumnya, spandek yang diciptakan tahun 1959 oleh  Joseph Shivers, kimiawan dari perusahaan Dupont di Virginia Amerika Serikat ini tipis, ringan tetapi tidak menerawang.
Sejatinya spandek merupakan serat sintetis yang tidak bisa berdiri sendiri menjadi bahan. Jadi harus dikombinasikan dengan serat kain lainnya. Untuk para Hijabers Mimin sarankanmemilih model yang lebar dan longgar karena bahan spandek itu cenderung menempel mengikuti lekuk tubuh kalian.




Pertanyaan Hijabers selanjutnya adalah kalau spandek gak bisa berdiri sendiri menjadi sebuah kain atau bahan, lalu biasanya spandek dikombinasikan dengan apa? Baiklah, mari kita bahas satu persatu:

1. Spandek Katun

Dari namanya sudah jelas ya, Jeng. Spandek yang satu ini dikombinasikan dengan bahan katun. Hasilnya adalah sebuah bahan yang elastis, tahan lama dan tetap dingin. Jadi cocok untuk di daerah tropis.

2.   Spandek Rayon

Bahan ini merupakan campuran antara bahan spandek dan katun rayon. Oleh karena itu, walau tetap bisa melar bahan ini tidak seelastis bahan spandek. Campuran katun rayon dalam bahan ini membuatnya adem dan dingin ketika dikenakan. Sebaiknya cuci pakai tangan saja agar teksturnya tetap halus. Selain itu disarankan juga agar dipiash dari pakaian-pakaian dengan bahan kasar. Untuk perendaman jangan lama-lama ya, Jeng. Paling lama 20 menit. Terakhir adalah ketika proses menyetrika pakai temperatur yang medium saja. karena jika terlalu panas, bahan spandek yang di dalam akan meleleh dan keras, sehingga pakaian menjadi kasar

3.  Spandek Korea/ Lycra

Bahan spandek yang satu ini memiliki tekstur licin yang bisa digunakan untuk bahan pakaian senam atau olahraga lain. Banyak online shop menyebut bahan ini sebagai bahan spandek korea. Teksturnya halus, licin dengan tampilan sedikit berkilau seperti satin. Kurang menyerap keringat tetapi bahannya ringan dan jatuh sehingga sangat baik dalam mempertahankan bentuk dari model bajunya. Perawatan bahan ini bisa dibilang jauh lebih mudah daripada Spandek Rayon. Tidak ada aturan untuk direndam di bawah suhu 60 derajat. Dan disetrika di temperatur medium high.







Gimana para Hijabers? Udah gak galau lagi kan buat beli gamis atau baju berbahan spandek.

Sumber: Rumah Madani dan Butik Jingga

1 komentar:

  1. Thanks for sharing.. Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah.. Kunjungi toko kain online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : Fitinline..

    BalasHapus