Senin, 23 November 2015

BAHAN DAN SEKILAS PENJELASAN SOL SEPATU

BAHAN DAN SEKILAS PENJELASAN SOL SEPATU
Oleh : Hadi Nur Pakar

Apa da yang punya cita-cita jadi tukang sol sepatu? Sungguh rendah hati sekali. Kali ini Mimin akan sedikit membahas hasil wawancara Mimin dengan tukang sol sepatu yang biasa nongkrong di depan masjid Nurul Huda. Ternyata bukan baju ajah yang banyak macam-macam bahannyam sol sepatu juga, lho.


RUBBER SOLE

Rubber sole atau yang lebih dikenal dengan sole karet ini sering di gunakan untuk sepatu safety atau sepatu lapangan. Sole berbahan rubber/ karet ini tidak ada kadaluwarsanya, Sob. Selain kuat dan lentur juga bisa kita tambah jahitan, disamping dilem dan dipress. Kekurangannya adalah lebih berat dan lebih licin.

Kelebihanya: Kuat dan lebih lentur dibanding bahan yg lain.

Kekuranganya: Lebih licin dibandingkan sole bahan lain dan lebih berat.


PU (POLYRETHINE)

Bahan sole PU ( polyrethine ) adalah bahan sole yang anti slip dan ringan dan juga tahan terhadap minyak (oil resistant) kalau di banding dengan sole berbahan lain , sole PU ini tergolong mahal , dan juga mempunyai expired date atau kadaluwarsa , jika sudah kadaluwarsa maka sole berbahan PU ini akan hancur sendiri seperti sepotong roti jika di biarkan dalam waktu yang lama.

Kelebihannya: Tahan terhadap minyak (oil resistant), ada anti slip & lebih ringan.

Kekurangannya: Memepunyai expired date jika sole lama tidak dipakai maka akan mudah hancur, bahkan bisa hancur sendiri seperti sebuah roti kalo dibiarkan lama, harganya lebih mahal dibanding sole dari bahan lain.


TPR (THERMO PLASTIC RUBBER)

Sole dengan bahan ini adalah campuran dari bahan plastic dan rubber namun sole berbahan ini mempunyai kekurangan yaitu kurang elastis biasanya sole berbahan ini cocok di gunakan untuk poduksi sepatu yang tahan air, karena bahannya menggunakan campuran dari bahan plastic dan rubber maka sole berbahan ini tidak licin.

Kelebihan: Ringan, lebih keset jika dipakai tempat yang ada air.

Kekurangan: Kurang elastis.


PVC (POLYVINYL CHLORIDE)

Terbuat dari lebih banyak bahan plastik dan sedikit karet.

Kelebihan: Sole lebih ringan & keras.

Kekurangan: Licin dan kurang elastis.


SPONGE OUTSOLE

Sole dengan bahan ini biasanya digunakan untuk sandal santai berbahan sepon

Bca juga artikel Mimin lainnya seperti macam-jenis-bahan-sepatu

Sumber : www.nengfashion.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar